Jumat, 18 Desember 2009

Atasi komputer restart terus

Komputer restart terus .......YA,,,ini adalah penyakit yang menyebalkan,penyakit ini baru saja mampir kekomputer saya.Komputer restar terus biasanya disebabkan kerusakan pada software dan hardware.....kalo untuk software coba sampean install ulang aja,tapi kalo untuk hardware dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :
  1. Coba sampean (anda) copot RAM dan  bersihkan pada bagian tembaga yang berada dibagian bawah ram,untuk membersihkannya sebaiknya sampean gunakan penghapus pensil,kalo ga ada pinjam aja ke anak SD pastinya ada...kalo ga ada beli dunk...... :) .perlu diingat membersihkan RAM harus pelan pelan,kalo sampean terlalu kasar yang jadinya ram bisa rusak.
  2. Kalo cara diatas ga mempan..,coba sampen copot semua kabel yang nempel pada mobo lalu coba bersihkan semua hardwarenya yang ada,setelah itu sampean  coba pasangkan kembali seperti sebelumnya terus nyalain deh....untuk menghindari kekeliruan saat pemasangan kabelnya,sebaiknya sampean catat dulu untuk posisi kabel sebelum dicopot...
  3. Belum sukses juga....coba deh dichek sampean punya power supply...Perangkat ini sangat berpengaruh pada kinerja kompi.Sebaiknya sampean liat dulu arus pada jaringan listrik dirumah sampean dengan menggunakan multimeter atau alat sejenisnya.,perhatikan posisi tegangan yang ditunjukan dan apabila terlalu rendah,sebaiknya sampean memakai stabilizer tegangan..Namun bila normal coba ganti aja atau tukar bila masih bergaransi,,,atau kalo sedikit tau tentang elektronik sebaiknya sampean buka power supply dan liat elco (capassitor) bentuknya seperti tabung kecil...perhatikan pada bagian atasnya, bila ada yang mengelembung kaya orang hamil..sebaiknya sampean ganti dengan Elco yang nilainya sama atau lebih besar..untuk melihat nilainya dapat dilihat pada bagian sisi elco.
  4. Memeriksa Elco pada mobo.....Cara ini sebenarnya sama saja dengan seperti cara 3 ,hanya ini lebih rumit bagi yang belum biasa,coba perhatikan bagian atas elco bila pada hamil :p .langsung saja sampean ganti,biasanya elco yang pada mobo sangat susah didapat di pasaran dengan nilai yang sama,namun dapat diganti dengan nilai yang lebih besar  tapi jangan terlalu besar (pengalaman saya).
  5. Install ulang...sebaiknya sampean install ulang dan scan virusnya,,,
Apa bila dah sukses ..........Alhamdulillah......Semoga bermanfaat.

Comments :

0 comments to “Atasi komputer restart terus”

Posting Komentar